Senin, 14 Desember 2015

Game of War (Review)

Game of War | Featured
Game of War – Fire Age adalah karena game ini masuk dalam kategori New & Noteworthy di App Store. Sepintas jika kita lihat dari screenshot saja, maka sebenarnya game ini tergolong biasa saja dan tidak menarik. Tapi tenang, saya telah menjajalnya buat kamu semua dan inilah yang akan kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk mendownload game simulasi yang satu ini.

Gameplay
Kamu akan berperan sebagai kaisar kerajaan romawi yang bertugas untuk mengatur ketersediaan sumber daya alam (SDA) di kerajaanmu dan mengatur kekuatan militer di negaramu. Sumber daya alam di kerajaanmu terdiri dari batu, kayu, besi, padi, dan  Kamu dapat menambah kekayaan sumber daya alam mu dengan cara membangun pabrik-pabrik yang berkaitan dan tentu saja pabrik-pabrik tersebut dapat kamu upgrade supaya produktivitasnya semakin tinggi.
Sumber daya alam bisa kamu peroleh dengan cara yang kedua yaitu dengan menjarah sumber daya alam milik kerajaan player lain atau dengan mengambil kekayaan di pertambangan-pertambangan di world map.

Game of War | Screenshots 1 
Sedangkan dalam hal pembangunan kekuatan militer, game ini mirip-mirip dengan game simulation sejenis. Di mana kamu harus membangun sebuah barrack terlebih dahulu kemudian dari barrack tersebut kamu bisa menciptakan pasukan-pasukan yang dapat digunakan untuk menyerang kerajaan lain, melindungi kerajaanmu dari serangan musuh, atau mengambil kekayaan pertambangan di world map.
Tidak ada fitur seperti tower defense yang ditawarkan seperti Clash of Clans ketika kamu menyerang atau diserang musuh pada game ini, strategi yang bisa kamu pakai di game ini murni hanya melihat kelemahan musuh sambil menentukan seberapa banyak pasukan yang kamu pakai untuk menyerang atau bertahan. Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini karena hal ini cukup sering kita jumpai di game simulasi standar sejenis dan tidak jauh berbeda. Begitu pula dengan fitur-fitur tambahan seperti crafting, research, upgrading, dll. Semuanya identik dengan game-game simulasi sejenis.
Hal yang cukup membantu player di game ini adalah adanya sistem pencarian alliance yang sangat mudah dan sejak sangat awal permainan kamu sudah disarankan oleh sistem untuk mencari alliance. Para anggota alliance di sini tidak hanya berguna untuk membantu kamu dalam berperang saja, namun juga bisa untuk membantu kamu mempercepat pembangunan, menjalankan quest alliance, pengiriman sumber daya alam, pengumuman penting, dan chatting dalam alliance. Dapat dikatakan, developer game ini bekerja sangat baik dalam mengimplementasi fitur alliance di game ini.
Game of War | Screenshots 2 
Fitur unggulan yang ditekankan game ini adalah fitur chattingnya yang mencakup automatic translation antar bahasa. Misalnya apabila saya mengetik pesan dalam Bahasa Indonesia di dalam chat bar maka ketika saya kirim,  pesan tersebut akan sampai ke para player di seluruh dunia dalam bahasa ibu mereka (tegantung settingan in-game mereka). Fitur ini sangat membantu karena alliance saya kebanyakan orang Jerman dan saya mengerti apa yang mereka perbincangkan ke saya karena fitur canggih tersebut.
Hal yang menarik lainnya yang patut mendapat apresiasi khusus adalah soal alur pada game ini. Alur di game ini tergolong cepat. Tidak seperti game sejenis yang mana waktu kamu lebih banyak dalam menunggu dalam pembangunan pabrik atau pelatihan pasukan, kamu akan lebih sering ‘aktif’ di game ini.
Untuk soal bonus gift, game ini tergolong sangat murah hati. Setiap jam kamu akan mendapatkan secret gift yang isinya random antara sumber daya alam, penambah kecepatan, koin, atau barang IAP. Selain itu, setiap hari kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan roulette yang memungkinkan kamu mendapat sumber daya alam dalam jumlah besar, cukup menarik.
Satu hal yang mengganjal di game ini adalah ketika kamu ingin melakukan multi tasking. Game ini tampaknya tidak mendukung fitur multi tasking yang bagus. Misalnya ketika kamu sedang asik bermain, dan tiba-tiba kamu harus membuka sms karena ada keperluan khusus, maka ketika kamu kembali ke game ini lagi kamu harus menunggu loading game yang cukup lama (koneksi internet gadget saya memakai wi-fi dengan kecepatan tinggi) baru kamu bisa bermain game ini lagi. Sehingga mengurangi kenyamanan kita sebagai player ketika sedang bermain.

Presentation
Game of War | Screenshots 3 
Grafis yang dipakai di game Game of War: Fire Age sudah agak ketinggalan jaman. Grafis semacam ini (lihat screenshot) sudah ada di mobile gaming sejak tahun 2009. Mungkin developer game ini berpikir bahwa sisi yang ditekankan di game ini adalah gameplaynya, bukan pada grafisnya. Mengingat fitur yang ada pada game ini sudah cukup banyak dan memakan banyak memory serta daya tahan baterai(baterai gadget saya cepat sekali habis apabila memainkan game ini). Gaya grafis yang dipakai mirip dengan lukisan-lukisan romawi kuno, yang mana terlihat sedikit kaku namun artistik. Hal tersebut sangat cocok mengingat game ini adalah game perang.
User Interface yang ada di game ini tergolong rapi, besar kecilnya huruf dan icon sudah diperhitungkan dengan baik sehingga tidak mengganggu pandangan kita selama bermain game. Saya memainkan game ini menggunakan iPhone yang notabene layarnya kecil namun sama sekali tidak ada masalah dalam hal kenyamanan pandangan.

Pricing & IAP
Berita buruk bagi kamu pemakai Android, karena game ini hanya tersedia di iOS. Untuk ke depannya, masih belum jelas apakah game ini akan dibawa ke Android karena informasi yang saya dapat sungguh terbatas. Game ini bisa kamu download melalui App Store dengan harga gratis. Tidak cukup mengejutkan karena ini adalah game simulation yang mana hampir semuanya gratis.
Namun untuk item-item seperti pengurang waktu  pembangunan, member VIP user, atau sumber daya alam instant, dll. harus kamu beli secara IAP. Harga IAP yang paling murah adalah 49rb rupiah di mana dengan harga tersebut kamu bisa menjadi anggota VIP selama 3 hari atau mendapat 1 juta sumber daya alam yang kamu pilih. Gambarannya hingga level 15, sumber daya alam yang saya butuhkan untuk pembangunan sekitar 10 ribuan saja. Untuk IAP sumber daya, harga yang harus dibayarkan memang lumayan mahal tetapi sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Tetapi untuk IAP member VIP, jujur hal tersebut sangat menyiksa kantong apalagi tidak permanen. Member VIP sendiri di sini bisa membuat kamu lebih cepat dalam pembangunan pabrik dan meningkatkan produktivitas sumber daya alam yang sedang kamu produksi.

Verdict
Sebenarnya gameplay yang ditawarkan game Game of War: Fire Age sangat mirip dengan gameplay game simulasi perang lainnya. Fitur yang membedakan game ini dibanding game sejenis bisa dihitung dengan jari, namun unsur fun yang menjadi hakikat sebuah game untungnya masih melekat di game ini. Saya rasa bagi kamu yang suka simulasi perang dengan tema romawi jaman dulu tidak perlu ragu lagi untuk mendowload game yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar