Senin, 14 Desember 2015

7 Permainan Masa Kecil


Permainan di zaman sekarang makin banyak dan juga makin canggih, tapi kali ini saya akan mengingatkan kembali game-game masa kecil dahulu yang sangat membahagiakan. inilah 7 permainan masa kecil.
1. Petak Umpet
pict : www.jakartanetwork.info

Petak umpet juga sebagai permainan semua kalangan, nggak anak-anak saja bahkan orang dewasa juga bisa memainkannya. Cuma kalau orang dewasa bersembunyi kebanyakan gampang kelihatan soalnya badannya udah gede. Beda kalau anak-anak, ngumpet di dalam ember pasti muat-muat aja. Pasti tau kan aturannya permainan ini? Jadi nggak usah panjang lebar ya. Lalu sebenarnya ada yang menyebalkan dari permainan ini. Kebanyakan kalau ada temannya yang sembunyi itu susah dicari, para pemain yang bertugas mencari akhirnya menyerah lalu bersekongkol untuk berhenti diam-diam tanpa berusaha mencari temannya yang tersisa. Yaa kn yang kasihan yang sembunyi. Hahaha. Pasti lucu deh. Ada lagi yang lebih menyebalkan adalah saat teman yang sembunyi itu ternyata diam-diam pulang terus makan bakso kuda liar di dalam rumahnya. Yaaa KZL doble daah.



2. Ular Naga

pict : www.liriklaguanak.com

Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang



I miss that moment broo, i really-reallly miss that. Permainan yang satu ini kalau dikenang-kenang bikin kangen dan pingin main lagi. Ini permainan yang simpel banget. Cuma berjalan-jalan melewati terowongan yang dibuat dengan kedua tangan sambil bernyanyi-nyanyi seperti lirik lagu diatas. Kalau sudah sampai lirik "ini dianya yang terbelakang" pemain yang tepat dibawah terowongan nggak boleh melanjutkan permainan dan harus berdiri dibelakang orang yang membuat terowongan itu. 




3. Boy Boyan --->> (namanya banyak, tergantung daerah)

pict : www.flickr.com

Permainan boy-boyan atau apalah namanya tergantung dari nama daerah adalah permainan yang juga melibatkan fisik. Karena harus main lari-larian. Permainannya terdiri dari dua tim (tergantung aturan), tim pertama bertugas untuk menjatuhkan tumpukan batu dari jarak yang agak jauh dengan bola, kalau mimin dulu pake bola tenis. Kemudian tim kedua bersiap-siap diposisi masing-masing. Kalau tim pelempar bola berhasil mengenai sasaran, tim itu harus berusaha untuk menyusun kembali batu yang udah dijatuhkan. Namun tidak segampang itu, disini peran kedua tim berguna. Disisi Tim pertama berpencar kesana-kemari berusaha menyusun batunya namun Tim kedua tadi tugasnya adalah mematikan tim pelempar tadi dengan bola. Tim pertama akan menang kalau berhasil menyusun kembali batunya, tapi juga bisa kalah kalau semua pemain dari Tim satu berhasil dimatikan oleh Tim dua. Kalau sudah begitu permainan selesai dan semua tim pulang ke rumah masing-masing. Nggak-nggak bercanda, maksudnya kedua tim harus bertukar peran. Tim Pertama siap-siap diposisi, kemudian Tim kedua menjadi tim pelempar bola.



4. Engklek --->> (namanya banyak, tergantung daerah)


pict : www.malesbanget.com
Aduuuuh. Saya nggak yakin deh kalau masih ada yang main permainan ini. Soalnya permainan ini kalau bisa dibilang sangat seru looh, karena melibatkan fisik kita dan keseimbangan yang mantap. Cuman sekarang udah nggak ada yang main permainan ini terutama dimainkan anak-anak.
Permainannya simpel sih, kotak-kotaknya seperti gambar diatas. Tugas pemain hanya melewat kotak-kotak itu dengan kakinya sambil membawa sebuah batu, jika yang dilewati hanya satu kotak maka harus dilewati dengan satu kaki, kemudian kalau dua kotak harus dilewati dua kaki. Gitu seterusnya. Kalau udah sampe di setengah lingkaran, pemain balik badan lalu kembali ke tempat awal. Pemain menang kalau batu yang dia pegang berhasil mencapai kotak setengah lingkaran. Caranya gimana? ya batu harus diletakan satu persatu di dalam kotak. Namun kalau ada batu di dalam kotak pemain tidak boleh menginjak kotak itu, karena kalau diinjak dianggal mati/kalah. Asiiik  



5. Layangan

pict : www.sfkites.com

Permainan ini adalah salah satu alasan kenapa anak-anak jaman dulu sering dimarahin sama orangtua, karena gara-gara permainan ini kulit anak-anak menjadi gosong alias hitam legam. *pengalaman.
Okee, sebenarnya permainan ini sudah ada sejak jaman dulu dan terus berubah menjadi sebuah kebudayaan atau sampai dibuat event atau acara menerbangkan layangan unik. Kalau jaman dulu sih main layangan bukan buat indah-indahan tapi dibuat bertarung. Iya bertarung dengan cara mengaitkan benang layangan satu dengan layangan lainnya yang sedang terbang. Kalau udah gini orang yang kalah adalah yang layangannya putus terus terbang entah kemana. Selain itu ada juga yang bikin seru adalah ketika ada layangan putus terus satu kampung ngejar-ngejar layangan itu kayak orang ngejar maling.  



6. Kelereng

pict : www.id.wikipedia.org

Siapa yang nggak tahu permainan ini semasa kecil. Kelereng adalah permainan dengan menggunakan bola kecil yang terbuat dari marmer atau kaca. Kelereng akan sangat menarik kalau pola ditengah kelerengnya berbentuk atau berwarna sangat unik. Biasanya anak-anak yang punya kelereng unik ini nggak rela kalau sampai diambil teman lain. Lebih asik kalau mein kelereng bersama teman-teman atau beramai-ramai. Karena kalau main sendiri nggak asik 


7. Lompat Tali






pict : www.pixoto.com

Permainan lompat tali merupakan permainan yang menggunakan tali atau karet gelang yang disambung panjang. Biasanya sih permainan ini lebih banyak dimainkan sama anak perempuan. Tapi mimin sering juga kok mainnya. Tujuan permainan ini sangat simpel, pemain yang ditengah hanya berusaha untuk melewatkan kakinya sebanyak mungkin dari tali atau karet yang melingtang didepannya. Sedangkan yang memegangi talinya akan sedikit demi sedikit menaikkan ketinggian talinya, kemudian tentu saja pemain yang ditengah sekali lagi harus melewati kakinya. Disini pemain dituntut keahliannya melompat. Biasanya ketinggian akan diubah saat pemain yang ditengah sudah berhasil melewati kakinya sebanyak 10 hitungan. Gitu sih biasanya!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar